#PrayForJakarta; Media Sosial dan Sedikit Himbauan

Live Your Life

Indonesia kembali diguncang teror. Kali ini aksi yang diduga bom bunuh diri dan baku tembak terjadi di kawasan Thamrin dan Sarinah, Jakarta Pusat. Kejadian ini menewaskan beberapa orang yang diduga pelaku dan melukai orang-orang yang berada di sekitar lokasi kejadian.
Dan, seperti biasa, media sosial memainkan perannya sebagai media viral. Berita-berita dan update informasi terbaru terus mengalir. Bahkan, kadang-kadang, terselip juga foto dan video dari TKP. Bukan hanya masyarakat Jakarta; sebagian besar warga Indonesia dihantui rasa ketakutan.
Namun, mengesampingkan semua itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama soal penyebaran informasi dan spekulasi. Pertama, JANGAN mempublikasikan foto korban yang tewas atau terluka. Hal tersebut dapat menimbulkan kepanikan yang tidak perlu bagi orang-orang yang melihat fotonya, dan lebih lagi, dapat melukai perasaan orang-orang yang mengenal korban. Kedua, SARING segala bentuk informasi yang didapat. Dalam kondisi yang tidak kondusif seperti ini, akan ada pihak-pihak yang menyebarkan informasi palsu, dan kita yang sedang…

View original post 309 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s